Tags

, , , , ,

Setelah seminggu menahan rasa pada makanan khas Aceh, sore tadi kesampaian juga menuntaskan rindu di Atjeh Rayeuk. Rencana awal semalam mau mampir ke sana selepas kerja, namun saat mengecek timeline @AyamTangkapAR dapat info karena satu hal outlet mereka tutup lebih awal.

ayam tangkap, bebek tangkap

Penampilan Bebek Tangkap Atjeh Rayeuk

Jika biasanya orang mencari Ayam Tangkap, kali ini pengen mencicipi Bebek Tangkap. Menunya nggak salah ‘nulis kan? Enggaklah, Atjeh Rayeuk memang menyediakan paket Bebek Tangkap di samping Ayam Tangkap kuliner khas dari Aceh yang terkenal itu. 

Serupa dengan Ayam Tangkap, Bebek Tangkap pun disajikan dalam timbunan daun temurui, daun pandan, sereh, cabe ijo serta bawang merah. Yang membedakan adalah paketnya, kalau Ayam Tangkap dilengkapi dengan gulai singkong; paket Bebek Tangkap pakai sambal dan di pucuk nasinya diberi sejenis bumbu kari gitu.

ayam tangkap

Ayam Tangkap Atjeh Rayeuk

Yang wajib dipesan bila bertandang ke kedai Aceh dimana pun adalah Es Timun Serut, karena tidak semua kedai dapat menyajikan es timun yang pas di lidah. Sebagai pelengkap untuk mengusir dahaga, pilihan jatuh pada Es Cincau Aceh dan Lemon Tea panas. Karena bulan Ramadhan, setiap meja pun mendapat tambahan takjil untuk berbuka puasa.

atjeh rayeuk

Es Titmun Serut itu wajib

cindau aceh

Lemon Tea panas & Es Cincau Aceh

Menu lain yang juga dicobain adalah Mie Goreng Aceh Spesial! Mie gorengnya pakai udang, daging sapi dan telor asin. Buat lidah saya kurang mantap, mungkin karena telor asinnya yang kurang pas.

Trus … trus … gimana rasanya makan Bebek Tangkap? Jempol deh buat Atjeh Rayeuk. Potongan daging bebeknya lembut, sehingga tak perlu “berantem” di piring meski makannya menggunakan sendok garpu. Bumbunya pun meresap sampai ke dalam sumsum.

Hmmm … berasa makan di Nanggroe. Sayang ada satu menu yang kurang, khupi! Andai si khupi itam tersedia; dijamin tak akan beranjak dari duduk. Ketika ditanyakan ke salah satu pramusaji di sana, dapat jawaban jika ingin mencoba kopinya pelanggan bisa datang ke Atjeh Rayeuk di Urban Kitchen, Senayan City.

mie goreng aceh

Mie Goreng Spesial

atjeh rayeuk

Mbak Astrid, salah satu owner Atjeh Rayeuk

Sore tadi, mbak Astrid salah satu owner Atjeh Rayeuk pun turun tangan, dirinya terlihat sibuk menghampiri setiap meja memastikan pesanan pelanggan tidak salah. Maaf lho mbak tadi dikerjain sama teman saya sehingga bolak balik ke meja.

Atjeh Rayeuk
Jl Ciranjang 38, Jakarta Selatan
Telp 0878-8484-8892
@AyamTangkapAR

Pasti ngiler kan melihat sajian makanan di atas terus pengen icip-icip masakan Aceh? Tak perlu jauh-jauh ke Lueng Bata atau Ayam Pramugari Blang Bintang untuk makan Ayam Tangkap dan mencoba Bebek Tangkap! Cukup jalan ke daerah Santa di selatan Jakarta. Selamat menunaikan ibadah puasa. Saleum [Admin_PK].