Endorsement

Beberapa endorsement yang diberikan untuk PK:

– Arswendo Atmowiloto, Sastrawan
Novel “Cut” Endang Moerdopo ini memukau, justru karena tidak sekadar silau pada masa lampau, melainkan dengan elok dan empati yang menyentuh perempuan pahlawan Aceh secara utuh. Di tengah maraknya novel yang masih bengal dengan kisah asmara, Perempuan Keumala, membuktikan perempuan lebih sadar akan pilihan hidupnya. asyik.

– Munawarliza Zainal, Walikota Sabang
Setelah membacanya saya merasa ada kekuatan luar biasa yang terpancar dari setiap kata, seakan penulisnya mendapatkan spirit lintas masa, menggambar dengan kuat Keumalahayati sang laksamana dan masanya.

– Fauzan Santa, Rektor Sekolah Menulis Dokarim
Novel ini keras! Novel ini hanya mengingatkan; suatu ketika ada perempuan di buritan kapal perang Aceh. Dan suatu ketika begitu baik ditulis oleh seorang perempuan pula. Hikayat yang tak butuh penanda di almanak, sebab setiap hari kini ada banyak perempuan dari Aceh.

– Taruli, Mantan Ketua OSIS SMU Tarakanita Jakarta
Membaca Perempuan Keumala memberikan imaginasi baru tentang perempuan Indonesia setelah sekian lama kita hanya tahu Kartini.

Saifullah Abdulgani, BRR NAD – Nias
Setahun lalu, perempuan keumala itu ”hanyalah” perempuan muda yang sedap dipandang mata. Sekarang ia muncul sebagai perempuan luar biasa yang banyak dipuja. ”Ia berbakat!!” puji Arswendo mantap. ”Ia bisa menghidupkan kembali, seorang Malahayati yang ratusan tahun terbenam lumpur sejarah” tulis Fikar W Eda dalam resensinya di Serambi Indonesia. Saya tidak berhak untuk berkata-kata. Selain rasa takjub dan salut. Selebihnya berharap agar perempuan itu terus melaju dan berkibar di kolong langit Indonesia. Kalau boleh meminta, izinkan saya, suatu saat nanti, akan ku perkenalkan pada anak-anakku bahwa engkau adalah seorang kawanku. Selamat kawan. Kutunggu goresan penamu yang kedua, ketiga dan keseribu….

– Prof Hj Keumala Motik Gafur, Rektor Universitas Indonusa Esa Unggul
Buku Perempuan Keumala adalah buku yang harus dan patut dibaca oleh kaum perempuan Indonesia karena sarat dan padatnya isi buku ini dengan perjuangan perempuan Indonesia. Buku Perempuan Keumala mengantarkan kita pada satu kesadaran bahwa sejak dahulu perempuan telah memiliki andil yang besar dalam memperjuangkan harkat dan martabat negeri.

Sebagai perempuan Melayu, saya sangat bangga bahwa ternyata sepak terjang seorang Perempuan Keumala telah mampu mengharumkan nama Indonesia. Dan sebagai seorang intelektual, saya menghargai langkah dan upaya Endang Moerdopo dalam penyajian karya ini melalui studi-studi yang dilakukannya selama 2 tahun di Nanggroe Aceh Darussalam. Buku ini merupakan sebuah wahana bagi para perempuan Indonesia untuk dapat bangkit dan melanjutkan semangat para pahlawan. Saya yakin buku Perempuan Keumala ini sangat penting untuk dibaca

– Samuel Samson, Aneuk Negeri Indonesia
“Yang hebat dari novel ini adalah KEYAKINAN Endang bahwa novel Perempuan Keumala ini perlu, penting dan harus dibuatnya. KEYAKINAN itu mengatasi banyak soal tidak mungkin berikutnya, bahkan KEYAKINAN itu mengantarkan novel ini sebagai anugerah kepada setiap Aneuk Negeri – siapapun mereka – karena tersaji secara sigap, mantap, matang dan tuntas, karenanya enak dan wajib dibaca ..”

Saleum
Admin_PK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s